Daftar Blog Teman Saya

©2009

www.vrihatnolo.blogspot.com
Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Pratjimantoro, Wonogiri/Jawa Tengah, Indonesia
Seorang Juara

Testimoni

Statistik

10 Juli, 2010

Definisi KOMUNIKASI

Istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”), secara etimologis atau menurut asal katanya komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu communicates asal kata communis, istilah communis memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang bertujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi secara terminologis adalah adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia.


created by : Rahel Junita Sari

Berikut ini adalah berbagai definisi komunikasi dari berbagai para ahli:

Hovland dkk
Komunikasi adalah proses perpindahan/transmisi stimulus dari individu satu ke individu lain untuk merubah perilakunya (menimbulkan respon).
Menurut Hovland dkk komunikasi terjadi antara individu tujuannya adalah merubah perilaku orang lain.

Oxford Dictionary (Oxford University Press, 1956)
Mengatakan bahwa komunikasi adalah the sending or exchange of information, idea, etc artinya adalah “pengiriman atau tukar menukar informasi, ide, dan sebagainya”.
Definisi ini hanya menjelaskan prosesnya saja tanpa adanya tujuan komunikasi yang jelas.

Ruben dan Steward(1998:16)
Human communication is the process through which individuals –in relationships, group, organizations and societies—respond to and create messages to adapt to the environment and one another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.
Berbeda dengan Hovland dkk yang menyatakan bahwa komunikasi hanya terjadi antara individu saja dan dengan tujuan merubah perilaku orang. Ruben dan Steward menyatakan komunikasi tidak hanya antara individu saja tetapi juga pa sekumpulan manusia dengan tujuan agar beradaptasi dengan lingkungan.

Harold Laswell
Komunikasi adalah gambaran mengenai siapa, mengatakan apa, melalui media apa, kepada siapa, dan apa efeknya.
Menurut Harold Lasswell komunikasi meliputi lima unsur sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan, yaitu:
1.Komunikator (siapa yang mengatakan?)
2.Pesan (mengatakan apa?)
3.Media (melalui saluran/ channel/media apa?)
4.Komunikan (kepada siapa?)
5.Efek (dengan dampak/efek apa?).
Jadi berdasarkan Harold Lasswell tersebut, secara sederhana proses komunikasi adalah pihak komunikator membentuk (encode) pesan dan menyampaikannya melalui suatu saluran tertentu kepada pihak penerima yang menimbulkan efek tertentu.

Onong Cahyana Effendi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)
Onong Cahyana Effendi lebih menekankan komunikasi pada penyampaian pesan saja kepada orang lain tidak hanya secara lisan tetapi juga bisa melalui media lain.

Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
Berbeda dengan Onong Cahyana Effendi yang hanya menekankan pada penyampaian pesan saja, proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol juga termasuk komunikasi.

Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Gerald R. Miller lebih menekakan pada tujuan dari komunikasi tersebut yaitu bisa mempengaruhi seseorang.

Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk merubah perilaku orang lain.
Menyampaikan rangsangan dengan menggunakan lambang verbal yaitu simbol-simbol.

Bernard Barelson & Garry A. Steiner
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb
Bernard dan Garry mengungkapkan bahwa komunikasi tidak hanya terjadi untuk menyampaikan komunikasi saja tetapi juga menyampaikan gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya, tidak hanya menggunakan kata-kata saja tetapi juga bisa menggunakan simbol, gambar, grafis, angka, dsb.

Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
Pengertian ini tujuannya lebih menekankan agar mendapatkan timbal balik dari pihak-pihak yang menerima informasi.

Kamus Behavioral Science
1)Penyampaian perubahan energi dari satu tempat ke tempat lain; misal: dalam sistem saraf atau penyampaian gelombang suara
2)Penyampaian atau penerimaan sinyal oleh organisme
3)Pesan yang disampaikan
4)Proses yang dilakukan oleh suatu sistem untuk mempengaruhi sistem yang lain melalui pengaturan sinyal2 yang akan disampaikan
5)Pengaruh satu wilayah persona ke persona yang lain sehingga perubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan pada wilayah lain
6)Pesan pasien kepada pemberi terapi

"disusun oleh : Abdul Rochim, Amy Susanti dan Nurul Syamsiah (TP09)"

0 komentar: